RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA Santa
Maria Yogyakarta
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI / I
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan
konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar : 3.2 Menggunakan
sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk
tak tentu fungsi aljabar
Indikator
: Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.
Alokasi
Waktu :
1 x 20’ (1 x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menggunakan
sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar.
B.
Materi Pelajaran
Turunan : mengenal
bentuk – bentuk tak tentu.
C.
Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, ceramah.
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
Apresepsi:
Selamat pagi anak-anak,bagaimana
kabar hari ini?adakah yang tidak hadir hari ini?.
Baiklah,hari
ini kita akan mempelajari tentang “BENTUK
TAK TENTU DARI LIMIT FUNGSI” . Pada bab sebelumnya kita sudah membahas
panjang lebar mengenai Limit Fungsi. Sekarang masih ingatkah anak-anak pada
sebuah teorema berikut :
jika
dan
maka
Dengan catatan bahwa
2. Kegiatan
Inti
Lalu
bagaimana kah ketika
dan
atau
dan
?
·
Ketika
dan
maka akan diperoleh :
·
Ketika
dan
maka akan diperoleh :
Kedua hasil diatas
merupakan bentuk tak-tentu
dan
.
Adakah
yang bisa menjelaskan kepada teman-teman yang lain mengapa
dan
disebut bentuk tak tentu?
Jawaban yang diharapkan :
Misalkan
=
hasil dari pembagian
0 =
dapat bernilai berapapun, karena sembarang
bilangan dikalikan dengan 0 hasilnya adalah 0. Maka dari itu bentuk
disebut dengan bentuk tak-tentu.
Begitu
pula dengan bentuk
Misalkan
=
hasil dari pembagian
=
dapat bernilai berapapun, karena sembarang
bilangan dikalikan dengan
hasilnya adalah
. Maka dari itu bentuk
disebut dengan bentuk tak-tentu.
Pada
pembelajaran sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara menghitung bentuk
tak-tentu dari limit fungsi, yaitu dengan mengunakan teknik perhitungan
manipulasi aljabar. Pertama untuk limit fungsi aljabar yang berbentuk
,teknik perhitungannya dengan mengunakan
metode pemfaktoran sedangkan untuk limit fungsi aljabar yang berbentuk
, teknik perhitungannya dengan
menggunakan pembagian pangkat tertinggi dari penyebut.
Setelah
selesai membahas materi. Lalu siswa dibagi menjadi empat kelompok dan diberi
soal latihan. Diberikan waktu 10 menit untuk mengerjakan soal dan kemudian
hasil di presentasikan ke depan.
LATIHAN
SOAL
1)
2)
Soal No.
|
Penyelesaian Soal
|
Keterangan
|
1.
|
=
=
=
=
=
=
=
=
=
|
|
Soal No.
|
Penyelesaian Soal
|
Keterangan
|
2.
|
=
=
=
=
=
=
=
=
|
|
3. Kegiatan
Penutup
Guru
atau siswa menarik kesimpulan dari pelajaran yang disampaikan oleh guru.
E.
Sumber
Belajar
1. Buku
pelajaran Matematika untuk SMA kelas XI program IPS karangan Sartono
Wirodikromo.
F.
Penilaian
Teknik
Penilaian : Tugas kelompok.
Bentuk
instrumen : Uraian.
Mengetahui,
Yogyakarta, 24 mei 2012
Dosen Pendamping Praktikan
Drs. A. Sardjana, M.Pd. Yasintha Rizky Kusumastuti