Rancangan Media
Pembelajaran Matematika
“LOGARITMA”
- Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Siswa
Berbicara mengenai logaritma sering kita jumpai anak yang
kesulitan dalam memahami dan mengunakan sifat-sifat logaritma dalam
menyelesaikan masalah. Dari konsep
dasarnya saja sudah banyak kekeliruan yang dilakukan oleh siswa-siswa, seperti
bentuk dasar logaritma yaitu a log b = c, itu sama saja dengan
bentuk pangkat ac = b, tetapi ketika dalam sebuah permasalahan
diberikan soal mengenai bentuk pangkat dan penyelesaiannya bisa dicari dengan
menggunakan logaritma, dalam artian harus mengubah bentuk logaritma ke dalam
bentuk pangkat dan sebaliknya, disinilah kadang anak masih keliru dalam
mengerjakannya. Anak dalam hal ini
biasanya tidak paham betul akan sifat-sifat dari logaritma karena mereka
hanya mencoba untuk menghafalnya saja tanpa tahu pasti bagaimana konsep
dasarnya. Ketika diberikan sebuah masalah berhubungan dengan logaritma dan
dalam penyelesaiannya membutuhkan manipulasi aljabar dengan menggunakan
sifat-sifat logaritma, di sinilah terlihat sekali anak mengalami kesulitan. Hal
ini lah yang menjadi alasan mengapa kami ingin membuat media pembelajaran ini. Kami
berharap media pembelajaran yang kami buat dapat membantu siswa untuk lebih
dapat memahami konsep dasar dari logaritma serta dapat menggunakan sifat –
sifat dari logaritma dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
logaritma. Serta besar harapan kami agar media pembelajaran ini dapat
dimanfaatkan sebagai suatu sumber ilmu yang dapat menjembatani kesenjangan
kondisi siswa dalam hal pemahaman materi logaritma.dimanfaatkan sebagi salah
satu alat untuk lebih memahami materi logaritma.
- Tujuan Pemanfaatan Media.
Dengan
adanya pengunaan media pembelajaran logaritma ini diharapkan siswa dapat :
1.
Memahami konsep dasar dari logaritma, hal ini kaitannya
dengan merubah bentuk logaritma menjadi bentuk perpangkatan dan sebaliknya.
2.
Menggunakan sifat dan aturan logaritma dalam pemecahan
masalah
3.
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis
yang berkaitan dengan logaritma
- Pengembangan Tahapan Pembelajaran
Pada slide awal akan ditampilkan slide yang berisi “mari
mengenal LOGARITMA” slide ini digunakan agar siswa memahami materi apa yang
akan di pelajari pada pertemuan kali ini. Kemudian slide kedua berisi menu,
bagi yang belum pernah mengenal logaritma akan ditunjukkan menu mana yang harus
dipilih terlebih dahulu. Pada slide ketiga dan empat akan di jelaskan mengenai
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta tujuan dari pembelajaran ini.
Pada slide ke lima ini mulai masuk ke materi dengan
memperkenalkan sejarah logaritma,kemudian setelah anak-anak diperkenalkan
tentang sejarah logaritma maka akan dibawa masuk ke slide ke enam yang berisi
definisi dari logaritma disini mulai diperkenalkan bahwa bentuk logaritma
merupakan invers dari bentuk perpangkatan. Setelah itu dilanjutkan dengan slide
ke tujuh yang berisikan contoh perubahan bentuk dari logaritma ke bentuk
pangkat kemudian pada slide ke delapan di berikan soal latihan bagi siswa,
dimana soal latihan ini diberikan agar siswa dapat merubah bentuk logaritma ke
bentuk pangkat dan juga sebaliknya.
Untuk slide ke sembilan dan sepuluh ini mulai di perkenalkan
sifat-sifat logaritma dari sifat 1 sampai 8 dimana pada slide ini diberikan
link pembuktian dari sifat-sifat tersebut agar siswa dapat lebih memahami konsep
dari sifat logaritma.
Pada
slide ke 11 ini diberikan pembuktian sifat 1 yang dijelaskan secara bertahap
menggunakan sound. Pada slide ke 12, diberikan kepada siswa sebagai latihan
dalam membuktikan sifat berikutnya yaitu sifat 2, dan diberikan waktu 5 menit.
Setelah anak memahami pembuktian sifat 1 dan 2, makan akan diberikan contoh
soal penerapan sifat 1dan 2 pada slide 13. Untuk slide berikutnya yaitu slide
14, diberikan pembuktian sifat 3 dengan dibantu oleh sound untuk memperjelas penyampaian
materi dan kemudian dilanjutkan dengan contoh soal penerapan sifat 3 pada slide
15. Pembuktian sifat 4 ada pada slide 16, dan sifat 5 pada slide 17. Untuk
permulaan hanya diberikan 5 pembuktian sifat dasar, dan diharapkan untuk sifat-sifat
yang lain, anak-anak dapat mencobanya sendiri.
Untuk slide 18, ada latihan yang berbentuk kuis, dengan
berbagai model soal yang ada di situ. Slide ke 19 berupa pustaka dalam
pembelajaran ini, yaitu buku-buku, sumber, dan referensi apa saja yang
digunakan dalam pembelajaran ini.
- Rancangan Alat Evaluasi
Alat evaluasi yang akan digunakan disini adalah dengan Soal-soal
yang dibuat mengunakan quizcreator , dimana siswa akan mengerjakan soal-soal
yang disediakan dan hasil dalam pengerjaan soal itu akan langsung dapat
dilihat. Hasil penilaian dari pengerjaan soal dapat dijadikan sebagi tolak ukur
seberapa jauh media ini dapat membantu siswa dalam memahami materi logaritma.
- Rancangan Media
- Pesan : Teks dan Suara
- Alat : Laptop, Recorder
- Bahan dan Spesifikasi :
- Lingkungan : SMA
- Storyboard :
No.Urut
Slide
|
Jenis
Media (teks, gambar, audio, video, .....)
|
Isi / Pesan
|
Keterangan
|
1
|
Teks ,gambar animasi
dan audio
|
Pembukaan :
Berisi materi mengenal logaritma
|
Disini anak di perkenalkan apa materi yang akan di pelajari saat ini
|
2
|
Teks,gambar
animasi dan audio
|
Menu :
Berisi Sub Pokok bagian yang akan di bahas yaitu :SK,KD dan Tujuan
Pembelajaran, Sejarah, Definisi, Sifat-sifat, Latihan dan Pustaka.
|
|
3
|
Teks dan audio
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar
|
|
4
|
Teks dan audio
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
5
|
Teks, gambar,
dan audio
|
Sejarah Logaritma
|
|
6
|
Teks dan audio
|
Definisi
|
|
7
|
Teks dan gambar
|
Definisi :
Berisi contoh perubahan bentuk dari logaritma ke pangkat
|
|
8
|
Teks dan audio
|
Sifat – sifat :
Soal Latihan
|
Disini anak diberikan soal latihan merubah bentuk dari logaritma ke
pangkat dan sebaliknya
|
9
|
Teks dan audio
|
Sifat – sifat :
Terdiri dari sifat nomor 1 sampai 3
|
|
10
|
Teks dan audio
|
Sifat – sifat :
Terdiri dari sifat ke 4 sampai ke 8
|
|
11
|
|
Pembuktian Sifat 1
|
|
12
|
Teks dan audio
|
Pembuktian Sifat 2
|
Pembuktian sifat 2 digunakan sebagai latihan bagi siswa
|
13
|
Teks dan audio
|
Contoh Soal penerapan untuk sifat 1 & 2
|
|
14
|
Teks dan audio
|
Pembuktian Sifat 3
|
|
15
|
|
Contoh Soal penerapan untuk sifat 3
|
|
16
|
Teks dan audio
|
Pembuktian Sifat 4
|
|
17
|
Teks dan audio
|
Pembuktian Sifat 5
|
|
18
|
Teks dan audio
|
Latihan
|
Menggunakan Wondershar Quizcreator
(digunakan sebagi checking pemahaman)
|
19
|
Teks
|
Pustaka
|
|
20
|
Teks dan gambar
animasi
|
Penutup
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar