Rabu, 13 Juni 2012

Media Pembelajaran Matematika Materi Logaritma


Rancangan Media Pembelajaran Matematika
“LOGARITMA”

  1. Analisis Kebutuhan dan Karakteristik Siswa
Berbicara mengenai logaritma sering kita jumpai anak yang kesulitan dalam memahami dan mengunakan sifat-sifat logaritma dalam menyelesaikan masalah. Dari  konsep dasarnya saja sudah banyak kekeliruan yang dilakukan oleh siswa-siswa, seperti bentuk dasar logaritma yaitu a log b = c, itu sama saja dengan bentuk pangkat ac = b, tetapi ketika dalam sebuah permasalahan diberikan soal mengenai bentuk pangkat dan penyelesaiannya bisa dicari dengan menggunakan logaritma, dalam artian harus mengubah bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat dan sebaliknya, disinilah kadang anak masih keliru dalam mengerjakannya. Anak dalam hal ini  biasanya tidak paham betul akan sifat-sifat dari logaritma karena mereka hanya mencoba untuk menghafalnya saja tanpa tahu pasti bagaimana konsep dasarnya. Ketika diberikan sebuah masalah berhubungan dengan logaritma dan dalam penyelesaiannya membutuhkan manipulasi aljabar dengan menggunakan sifat-sifat logaritma, di sinilah terlihat sekali anak mengalami kesulitan. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa kami ingin membuat media pembelajaran ini. Kami berharap media pembelajaran yang kami buat dapat membantu siswa untuk lebih dapat memahami konsep dasar dari logaritma serta dapat menggunakan sifat – sifat dari logaritma dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logaritma. Serta besar harapan kami agar media pembelajaran ini dapat dimanfaatkan sebagai suatu sumber ilmu yang dapat menjembatani kesenjangan kondisi siswa dalam hal pemahaman materi logaritma.dimanfaatkan sebagi salah satu alat untuk lebih memahami materi logaritma.



  1. Tujuan Pemanfaatan Media.
Dengan adanya pengunaan media pembelajaran logaritma ini diharapkan siswa dapat :
1.         Memahami konsep dasar dari logaritma, hal ini kaitannya dengan merubah bentuk logaritma menjadi bentuk perpangkatan dan sebaliknya.
2.         Menggunakan sifat dan aturan logaritma dalam pemecahan masalah
3.         Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan logaritma

  1. Pengembangan Tahapan Pembelajaran
Pada slide awal akan ditampilkan slide yang berisi “mari mengenal LOGARITMA” slide ini digunakan agar siswa memahami materi apa yang akan di pelajari pada pertemuan kali ini. Kemudian slide kedua berisi menu, bagi yang belum pernah mengenal logaritma akan ditunjukkan menu mana yang harus dipilih terlebih dahulu. Pada slide ketiga dan empat akan di jelaskan mengenai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta tujuan dari pembelajaran ini.
Pada slide ke lima ini mulai masuk ke materi dengan memperkenalkan sejarah logaritma,kemudian setelah anak-anak diperkenalkan tentang sejarah logaritma maka akan dibawa masuk ke slide ke enam yang berisi definisi dari logaritma disini mulai diperkenalkan bahwa bentuk logaritma merupakan invers dari bentuk perpangkatan. Setelah itu dilanjutkan dengan slide ke tujuh yang berisikan contoh perubahan bentuk dari logaritma ke bentuk pangkat kemudian pada slide ke delapan di berikan soal latihan bagi siswa, dimana soal latihan ini diberikan agar siswa dapat merubah bentuk logaritma ke bentuk pangkat dan juga sebaliknya.
Untuk slide ke sembilan dan sepuluh ini mulai di perkenalkan sifat-sifat logaritma dari sifat 1 sampai 8 dimana pada slide ini diberikan link pembuktian dari sifat-sifat tersebut agar siswa dapat lebih memahami konsep dari sifat logaritma.
Pada slide ke 11 ini diberikan pembuktian sifat 1 yang dijelaskan secara bertahap menggunakan sound. Pada slide ke 12, diberikan kepada siswa sebagai latihan dalam membuktikan sifat berikutnya yaitu sifat 2, dan diberikan waktu 5 menit. Setelah anak memahami pembuktian sifat 1 dan 2, makan akan diberikan contoh soal penerapan sifat 1dan 2 pada slide 13. Untuk slide berikutnya yaitu slide 14, diberikan pembuktian sifat 3 dengan dibantu oleh sound untuk memperjelas penyampaian materi dan kemudian dilanjutkan dengan contoh soal penerapan sifat 3 pada slide 15. Pembuktian sifat 4 ada pada slide 16, dan sifat 5 pada slide 17. Untuk permulaan hanya diberikan 5 pembuktian sifat dasar, dan diharapkan untuk sifat-sifat yang lain, anak-anak dapat mencobanya sendiri.
Untuk slide 18, ada latihan yang berbentuk kuis, dengan berbagai model soal yang ada di situ. Slide ke 19 berupa pustaka dalam pembelajaran ini, yaitu buku-buku, sumber, dan referensi apa saja yang digunakan dalam pembelajaran ini.


  1. Rancangan Alat Evaluasi
Alat evaluasi yang akan digunakan disini adalah dengan Soal-soal yang dibuat mengunakan quizcreator , dimana siswa akan mengerjakan soal-soal yang disediakan dan hasil dalam pengerjaan soal itu akan langsung dapat dilihat. Hasil penilaian dari pengerjaan soal dapat dijadikan sebagi tolak ukur seberapa jauh media ini dapat membantu siswa dalam memahami materi logaritma.



  1. Rancangan Media
    1. Pesan : Teks dan Suara
    2. Alat   : Laptop, Recorder
    3. Bahan dan Spesifikasi :
    4. Lingkungan : SMA
    5. Storyboard  :

No.Urut
Slide
Jenis Media (teks, gambar, audio, video, .....)
Isi / Pesan
Keterangan
1
Teks ,gambar animasi dan audio
Pembukaan :
Berisi materi mengenal logaritma

Disini anak di perkenalkan apa materi yang akan di pelajari saat ini
2
Teks,gambar animasi dan audio
Menu :
Berisi Sub Pokok bagian yang akan di bahas yaitu :SK,KD dan Tujuan Pembelajaran, Sejarah, Definisi, Sifat-sifat, Latihan dan Pustaka.

3
Teks dan audio
Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar

4
Teks dan audio
Tujuan Pembelajaran

5
Teks, gambar, dan audio
Sejarah Logaritma

6
Teks dan audio
Definisi

7
Teks dan gambar
Definisi :
Berisi contoh perubahan bentuk dari logaritma ke pangkat

8
Teks dan audio
Sifat – sifat :
Soal Latihan
Disini anak diberikan soal latihan merubah bentuk dari logaritma ke pangkat dan sebaliknya
9
Teks dan audio
Sifat – sifat :
Terdiri dari sifat nomor 1 sampai 3


10
Teks dan audio
Sifat – sifat :
Terdiri dari sifat ke 4 sampai ke 8


11

Pembuktian Sifat 1

12
Teks dan audio
Pembuktian Sifat 2
Pembuktian sifat 2 digunakan sebagai latihan bagi siswa
13
Teks dan audio
Contoh Soal penerapan untuk sifat 1 & 2

14
Teks dan audio
Pembuktian Sifat 3

15

Contoh Soal penerapan untuk sifat 3

16
Teks dan audio
Pembuktian Sifat 4

17
Teks dan audio
Pembuktian Sifat 5

18
Teks dan audio
Latihan
Menggunakan Wondershar Quizcreator
(digunakan sebagi checking pemahaman)
19
Teks
Pustaka

20
Teks dan gambar animasi
Penutup



Tidak ada komentar:

Posting Komentar