RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA SANTA MARIA
Mata
pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI Bahasa
/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : Melakukan
pengolahan, penyajian dan penafsiran data
Kompetensi
Dasar : 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogive serta
pemaknaannya
Indikator : 1. Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis dan
diagram batang
2. Mengidentifikasi nilai suatu data yang
ditampilkan pada table dan diagram.
Alokasi waktu : 10
x 45 menit (5
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa dapat membaca data dalam bentuk
diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, histogram dan kurva
2.
Siswa dapat mengidentifikasi nilai suatu
data yang ditampilkan pada table dan diagram.
B. Materi
Pembelajaran
·
Diagram lingkaran, diagram garis, diagram
batang, histogram, dan kurva ogive
·
Penyajian data
C. Metode
pembelajaran
Diskusi, Tanya jawab, ceramah,
kerja kelompok
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Metode
|
Pertemuan 1
|
|||
1
2
3
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi : guru memberikan suatu permasalahan tentang suatu yang
dapat mengarah pada populasi, sampel dan pengertian statistika
b.
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari hari ini
Kegiatan
inti
a.
Guru bersama siswa mendiskusikan
pengertian statistika dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
b.
Guru bersama siswa mendiskusikan
tentang pengertian populasi dan sampel.
c.
Guru bersama siswa mendiskusikan
pengertian data, datum dan jenis data.
d.
Guru memberikan permainan tebak kata.
Penutup
a. Guru
memberikan latian
kepada siswa tentang pelajaran hari ini
b. Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa untuk membawa koran bekas/ majalah yang ada gambar diagram,
membawa gunting dan lem
|
10 menit
15 menit
15 menit
30 menit
10 menit
10 menit
|
· Tanya
jawab
· Diskusi
kelas
· Ceramah
singkat
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Metode
|
Pertemuan 2
|
|||
1
2
3
|
Pendahuluan
a.
Guru memeriksa kelengkapan
pembelajaran : buku matematika, lem, gunting, majalah / koran bekas,
b.
Apersepsi : Guru meminta siswa menyebutkan gambar-gambar diagram yang mereka
ketahui sebelumnya
c.
Menyampaikan materi yang akan
dipelajari hari ini
Kegiatan
inti
a.
Guru meminta siswa mencari gambar
diagram yang ada di koran bekas ataupun media cetak yang lain, yang telah
dibawa oleh siswa dari rumah.
Gambar
itu kemudian digunting, masing-masing anak menggunting minimal 5 gambar
diagram, lalu dikumpulkan.
b.
Guru membentuk kelompok yang
beranggotakan 4-5 orang
c.
Guru memberikan 5 gambar yang
berbeda pada setiap kelompok kemudian kelompok diminta belajar bersama teman
sekelompoknya untuk mengelompokkan diagram yang telah dibagikan, kemudian
ditempelkan dalam sebuah kertas HVS/ folio dan setiap kelompok merubah dari
diagram kebentuk tabel
d.
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya kepada teman-teman yang lain (5 menit tiap kelompok)
e.
Guru memberikan ceramah singkat
tenatang pembahasan hasil diskusi
Penutup
a. Guru
bersama murid merangkum hasil belajar tadi
b. Guru
memberikan tugas rumah kepada kelompok untuk mempelajari cara menyajikan data
kedalam bentuk diagram.
|
10
menit
15
menit
5
menit
15
menit
30
menit
10
menit
5
menit
|
· Tanya
jawab
· Diskusi
kelas
· Ceramah
singkat
· Kerja
kelompok
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Metode
|
Pertemuan 3
|
|||
1
2
3
|
Pendahuluan
a.
Guru memberikan pre test sebelum memulai materi selanjutnya, agar siswa
mengingat kembali materi sebelumnya
b.
Menyampaikan materi yang akan
dipelajari hari ini
Kegiatan
inti
a.
Guru membahas soal kuis
b.
Guru membentuk kelompok yang
beranggotakan 2 orang
c.
Guru meminta anak untuk berkeliling sekolah dan mencatat
kipas angin, baik kipas angin tengah maupun yang kecil, yang menyala pada
saat jam itu.
e.
Guru meminta anak untuk mengolah data tersebut dan menyajikan data
tersebut ke dalam bentuk tabel
Penutup
a. Guru
meninta anak untuk
menyelesaikan tugas tersebut di rumah dan pertemuan berikutnya presentasi
|
10 menit
5 menit
10
menit
5 menit
30
menit
10
menit
5 menit
|
· Tanya
jawab
· Diskusi
kelas
· Ceramah
singkat
· Kerja
kelompok
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Metode
|
Pertemuan 4
|
|||
1
2
3
|
Pendahuluan
a.
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan tugas presentasi mereka
Kegiatan
inti
a. Guru meminta anak untuk mengundi urutan presentasi
b.
Guru meminta anak untuk presentasi dan menjelaskan
kepada teman-temannya cara menyajikan data dalam bentuk diagram
c.
Guru memperjelas penjelasan para
siswa dan memberikan respon dari hasil presentasi siswa
Penutup
a. Guru
bersama murid merangkum hasil belajar tadi
b. Guru
memberikan tugas rumah kepada kelompok tentang penyajian data dalam bentuk
diagram.
|
5 menit
5 menit
45 menit
20 menit
10 menit
5 menit
|
· Diskusi
kelas
· Ceramah
singkat
· Kerja
kelompok
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Metode
|
Pertemuan 5
|
|||
1
2
3
|
Pendahuluan
a.
Kuis : menyajikan data dalam
bentuk diagram lingkaran
Kegiatan
inti
a.
Guru memberikan 8
soal dalam bentuk lembaran kepada siswa tentang menyajikan data dalam bentuk
diagram dan sebaliknya
b.
Guru meminta siswa untuk mengerjakan
soal boleh bekerjasama dengan teman yang lain, dan guru berkeliling untuk
membantu.
Penutup
a.
Guru bersama murid merangkum
hasil belajar tadi
b.
Guru memberikan tugas rumah untuk
mempelajari ukuran pemusatan data
|
10
menit
70
menit
10 menit
|
· Tanya
jawab
· Ceramah
singkat
|
E. Sumber
dan Media Pembelajaran
·
Catur Supatmono, Matematika SMA untuk
kelas XI IPS,Intan pariwara
·
Husein Tampomas,SeribuPena Matematika
untuk SMA/MA kelas XI, Erlangga
F. Penilaian
Tugas
kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
Amatilah
mobil pribadi yang lewat di depan Purawisata pada hari Minggu di antara waktu
pukul 15.00 sampai 16.00 WIB.
Perhatikan
plat kendaraannya dan dicatat. Kemudian buatlah tabel dan diagramnya.
…………..,…………..20..
Praktikan
Nim:
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Guru
pamong
NIP./NPP: NIP./NPP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar